5 Cara Mencerahkan Kulit dengan Bahan Alami

Masalah umum yang sering terjadi pada kulit adalah kulit kusam, kasar, dan gelap. Masalah ini muncul disebabkan kurangnya pasokan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit serta kurangnya perawatan kulit dari luar atau kesalahan dalam merawatnya. Kesalahan yang muncul dapat disebabkan oleh kosmetik yang tidak cocok untuk jenis kulit anda.

5 Cara Mencerahkan Kulit de - Kecantikan : 5 Cara Mencerahkan Kulit dengan Bahan Alami

Memiliki kulit yang putih dan mulus adalah dambaan setiap wanita. Bebagai cara dapat dilakukan untuk memperoleh kulit yang indah tersebut. Tidak sedikit yang melakukan pemutihan dengan menggunakan produk pemutih produksi industri kosmetik yang tidak terjamin keamanannya, karena beberapa mengalami kerusakan kulit akibat menggunakan produk pemutih.

Sebaiknya, gunakan cara pemutihan alami dibuat dengan ramuan herbal yang dapat anda buat sendiri dirumah. Cara alami ini selain aman dan sehat untuk kulit, anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk memutihkan kulit anda.

1. Ramuan Jeruk Nipis

Selain digunakan sebagai penghilang bau amis pada ikan dan tambahan dalam masakan, jeruk nipis juga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Perasan air jeruk nipis dapat mengecilkan pori-pori, menghilangkan kelebihan lemak pada jenis kulit berminyak, memutihkan dan melembutkan kulit tubuh.

Hanya dengan menggosokkan irisan jeruk nipis pada wajah dan bagian tubuh lainnya sebelum mandi. Lakukan secara rutin untuk kulit lebih putih dan halus. Jangan gunakan bila kulit dalam kondisi luka/lecet, karena akan menimpulkan rasa perih.

2. Ramuan Jus Alpukat

Buah alpukat mengandung zat-zat yang sangat berguna bagi keindahan dan kesehatan kulit, yakni vitamin A, C, dan E, zat besi, potasium, niasin, asam pantotenik, protein, mineral dan minyak alami. Yang biasanya tidak ditemukan di semua jenis buah.
Cukup dengan mencampurkan daging buah yang telah matang sebanyak 2-3 buah dengan air secukupnya, kemudian dihaluskan dan digunakan sebagai lulur. Oleskan keseluruh tubuh dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih. Alpukat baik untuk menjaga kelembaban kulit.

3. Bengkoang

Bengkoang mengandung pachyrhizon, rotenone, vitamin B1 dan vitamin C yang sangat bermanfaat dalam membantu mengurangi noda pada wajah. Bengkoang banyak digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan dan pencerah kulit, seperti masker dan lulur yang dipercaya membantu mengurangi bintik hitam (black spots) pada wajah atau noda bekas jerawat.

4. Pepaya 

Pepaya mengandung enzim yang dipercaya mampu membantu pelepasan sel-sel kulit mati, sehingga memperlancar proses regenerasi kulit/tumbuhnya sel kulit baru. Pepaya dapat digunaan sebagai masker untuk menghapus black spots pada wajah dan memutihkan kulit.

5. Susu

Kandungan asam laktik (lactic acid) pada susu dapat mencerahkan dan memutihkan kulit secara efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan yang terdapat dalam susu dapat mengangkat sel kulit mati di wajah serta mencerahkan, menyegarkan dan membersihkan kulit.

Gunakan susu segar yang bersih, bisa menggunakan susu sapi atau susu kambing lalu usapkan ke seluruh tubuh dengan menggunakan handuk, atau bisa pula gunakan susu untuk mandi (milk bath). Untuk mendapatkan hasil kulit yang lebih halus, dapat diganti dengan yogurt atau buttermilk.

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 94 dari total 100, oleh 83 pembaca

Tag: memutihkan kulit, perawatan kulit, Mencerahkan kulit, kecantikan, kesehatan kulit, Kulit cerah alami, kulit, pencerah alami kulit .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?