Senam Pilates, Inspirasi dari Seni India Kuno

Senam pilates adalah serangkaian latihan yang dirancang untuk meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh melalui berbagai gerakan peregangan dan keseimbangan (balancing).

Senam Pilates, Inspirasi dari Seni India Kuno - Kesehatan : Senam Pilates, Inspirasi dari Seni India Kuno

Pilates dikembangkan oleh Joseph Pilates, seorang tawanan perang selama PD II. Sejak saat itu, Pilates telah semakin populer dari waktu ke waktu.

Saat masih muda, Pilates mengambil inspirasi dari seni India kuno (yoga), Buddhisme Zen, dan latihan fisik dari masa Yunani dan Romawi dan kemudian menggabungkannya menjadi sebuah latihan fisik yang kemudian dinamai atas namanya.

Pilates kemudian memperkenalkan latihan ini kepada penghuni kamp interniran Jerman untuk membantu mereka tetap sehat secara fisik. Dia juga memperkenalkan sarana latihan berupa tikar dan peralatan yang dibuat dari per spring bed.

Saat ini, Pilates telah menjadi sangat populer di kalangan penari, atlet, selebriti, dan model. Selain membantu meningkatkan fleksibilitas tanpa menyebabkan kejang pada otot, Pilates juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh.

Senam atau latihan Pilates bisa membuat perut jadi datar, pinggang dan paha menjadi ramping dan kencang, serta meningkatkan kelenturan sendi. Sama seperti yoga, Pilates juga mampu mengurangi stres dan kecemasan.

Terapis chiropractic merekomendasikan Pilates untuk memperkuat punggung dan tulang belakang. Fisioterapi juga merekomendasikan Pilates, bagi mereka yang sedang menjalani rehabilitasi setelah cedera pada anggota badan. Pilates juga direkomendasikan untuk orang lanjut usia yang menderita osteoporosis serta mereka yang memiliki kelebihan berat badan.

Pilates sangat populer di kalangan atlet, penari, dan aktor karena latihan ini meningkatkan bukan hanya kondisi fisik tapi juga pikiran. Pendekatan yang seimbang pada Pilates akan memastikan tidak ada kelompok otot yang terlalu banyak dilatih dan sebagai hasilnya tubuh bekerja sebagai sebuah sistem yang holistik dan efisien.

Pilates cocok dilakukan semua orang, anak muda, orang tua, orang yang kurang olahraga, atlet, dan mereka yang memiliki cacat fisik. Senam ini mampu membantu meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan, dan membuat tubuh tidak rentan terhadap cedera, serta mampu mengurangi stres dan ketegangan, serta meningkatkan energi melalui peregangan.

Pilates akan membuat tulang belakang lebih kuat dan fleksibel, mempercepat pemulihan dari cedera, meningkatkan fleksibilitas sendi, mempertinggi koordinasi neuromuskular, melatih otot, meningkatkan kelincahan dan stamina, dan mempertinggi derajat kesehatan secara umum.

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 93 dari total 100, oleh 88 pembaca

Tag: postur tubuh, tulang belakang, punggung, penari, kesehatan, stamina, yoga, olahraga .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?