11 Tips Agar tetap Tenang selama Penerbangan

Perjalanan jauh dengan menggunakan pesawat terbang menjadi pilihan banyak orang, selain efektif dan efisien, perjalanan dengan pesawat terbang terasa lebih menyenangkan. Tidak sedikit yang merasa tidak nyaman saat melakukan penerbangan meskipun sudah berkali-kali naik pesawat apalagi saat pertama melakukan perjalanan ini.

11 Tips Agar tetap Tenang s - Wisata : 11 Tips Agar tetap Tenang selama Penerbangan

Perasaan tidak tenang yang bergejolak saat naik pesawat biasanya terjadi saat landing atau take off, dapat pula saat pewawat melakukan manuver atau berbelok dan saat turbulensi. Saat itulah perut terasa bergejolak dan panik muncul. Kepanikan lain yakni saat hendak menuju kebandara, harap- harap cemas akan ketinggalan pesawat karena jadwal boarding sudah mepet.

Nah… Berikut kita bagikan Tips Agar tetap tenang selama penerbangan, yang dapat anda coba agar perjalanan anda lebih menyenangkan.

1. Datang ke bandara lebih awal

Datanglah ke bandara beberapa waktu lebih awal dari jadwal penerbangan. Jika terlambat, Anda bisa cemas akan ketinggalan pesawat. Perasaan cemas ini akan sulit pulih meskipun Anda sudah berada di dalam pesawat.

2. Memilih tempat duduk

Memilih tempat duduk di pesawat menjadi bagian penting yang perlu dipertimbangkan jika Anda takut terbang. Anda bisa memesan kursi di kabin pesawat bagian depan karena efek turbulensinya lebih rendah bila dibandingkan di bagian belakang.

3. Biarkan orang lain mengetahui ketakutan Anda

Biarkan pramugari dan beberapa penumpang terdekat tahu tentang ketakutan atau kecemasan yang Anda rasakan. Tidak perlu merasa malu karena rasa takut dan cemas dirasakan oleh banyak penumpang lain juga. Ini akan membuat pramugari atau kru penerbangan secara rutin memantau keadaan Anda terutama saat terjadi kedaruratan.

4. Melihat pemandangan dari jendela

Melihat ke luar jendela saat pesawat lepas landas atau mendarat memang bisa meningkatkan rasa takut dan cemas, jadi anda bisa mengalihkan sementara perhatian anda untuk tidak melihat ke jendela. Saat kondisi pesawat telah stabil anda bisa membuka penutup jendela dan menikmati pemandangan awan dan langit yang tak berujung. Ini cukup memberikan ketenangan bagi anda melalui mata.

5. Berbicara dengan penumpang di samping Anda

Ajak bicara penumpang yang duduk di sebelah Anda untuk mengalihkan perhatian dari rasa takut yang dirasakan. Anda bisa mengajaknya berbicara mengenai tempat favorit, makanan, politik, atau peristiwa terkini.

6. Berpegangan tangan

Jika Anda bepergian dengan keluarga, memegang tangan salah satu anggota keluarga bisa meredakan rasa takut. Berpegangan tangan membuat perasaan menjadi lebih tenang, tetapi jika bepergian sendirian Anda bisa memegang erat tangan Anda sendiri.

7. Mendengarkan musik

Seseorang cenderung mendengar suara-suara aneh yang sebenarnya tidak ada karena rasa takutnya, bahkan suara normal dalam pesawat terkadang membuat Anda merasa takut. Untuk mengatasinya Anda bisa mendengarkan musik favorit sambil menutup mata, ini akan membuat Anda menjadi lebih rileks.

8. Hindari minuman berkafein

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh dapat meningkatkan kecemasan. Anda bisa minum jus atau air putih untuk mencegah dehidrasi selama di pesawat. Dehidrasi juga turut berkontribusi terhadap rasa takut.

9. Melakukan relaksasi

Ambil napas dalam sesering yang Anda bisa lakukan dan berkonsentrasi sambil menghitung dalam hati. Cara ini bisa membuat Anda lebih rileks dan lebih tenang.

10. Fokus pada tempat tujuan

Pikirkan tempat tujuan dan apa yang akan Anda lakukan di sana. Jangan memikirkan bagaimana perjalanan Anda untuk sampai ke tempat tujuan.

11. Mengingat kenangan indah

Ingatlah kenangan indah dan manis yang membuat Anda bahagia atau berpikir tentang orang yang dicintai. Ini akan mengalihkan pikiran Anda dari rasa takut.

Agar tetap Tenang selama Penerbangan, anda bisa mencoba tips yang telah kita bagikan diatas. Jangan lupa untuk mempersiapkan semua kebutuhan perjalanan termasuk obat-obatan. Untuk anda yang suka mengalami mabuk perjalanan, anda bisa mengkonsumsi obat anti mabuk udara sebelum melakukan penerbangan. Lakukan segala aktivitas yang mungkin bisa mengalihkan perhatian anda dari kecemasan.

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 94 dari total 100, oleh 85 pembaca

Tag: tips traveling, naik pesawat, pesawat, kecemasan, nyaman di pesawat, penerbangan, .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?