18 Manfaat Buah Pete Untuk Kesehatan [Part 1]

Bagi beberapa orang, pete merupakan makanan yang dijauhi dikarenakan bau dan rasanya yang mengganggu. Namun, ternyata dibalik semua itu pete mempunyai banyak manfaat yang luar biasa.

18 Manfaat Buah Pete part 1 - Makanan : 18 Manfaat Buah Pete Untuk Kesehatan [Part 1]

Tumbuhan ini menyebar di nusantara bagian barat, bijinya yang di sebut pete juga di konsumi saat tetap muda, baik fresh ataupun di rebus. Bagi penggemar pete, mereka biasa mengkonsumsi pete sebagai lalapan, atau sebagai tambahan pada makanan seperti nasi goreng, sambal, tumisan, dan lainnya.

Tidak sedikit orang yang menggemari pete, selain rasanya yang nikmat pete juga menambah nafsu makan bagi penikmatnya. Beberapa manfaat pete bagi kesehatan, yakni :

1. Untuk menghindari defresi

menurut survey yang dilakukan mind, di antara pasien pasien depresi, banyak pasien yang menjadi membaik setelah makan pete. Hal ini terjadi karena pete memiliki kandungan tryptophhan, sejenis protein yang di ubah tubuh jadi serotonin, yang mampu membuat si pengonsumsi menjaid lebih rileks, memperbaiki mood dan memberi perasaan lebih bahagia.

2. Pms ( pre menstrual syndrome )

Saat mengalami masa pms atau bad mood waktu menstruasi, cukup tangani dengan makan pete. Vitamin B6 yang terkandung dalam pete mampu mengatur kadar gula darah yang bisa menolong mood.

3. Mencegah anemia

Pete mengandung zat besi tinggi yang mampu merangsang produksi eritrosit (sel darah merah) sehingga mampu mencegah dan mengatasi anemia.

4. Mengatasi tekanan darah tinggi

Buah tropis ini mengandung kalium yang tinggi, namun rendah garam sehingga mampu mengatasi tekanan darah tinggi. FDA Amerika pun mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi tentang khasiat kuat buah ini dalam menurunkan tekanan darah serta mengurangi resiko stroke.

5. Meningkatkan Kinerja Otak

Riset menunjukkan, 200 siswa di Twickenham (middlesex), Inggris tertolong dalam ujian sekolahnya karena mengkonsumsi pete di waktu sarapan, istirahat, dan makan siang. Dengan mengkonsumsi pete, siswa memiliki kemampuan daya ingat otak yang lebih tajam/kuat dalam belajar.

6. Menjaga saluran pencernaan

Kandungat seat (dietary fibers) yang tinggi pada pete, sangat baik untuk pencernaan. Hal ini dikareakan strukturnya yang lembut serta halus. Pete juga dapat menetralkan asam lambung serta mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

7. Obat mabuk

Salah satu cara cepat mengobati mabuk yaitu dengan mengkonsumsi milkshake pete. Kedengarannya memang aneh, milkshare yang biasa disajikan dengan pilihan rasa seperti vanila, coklat, stroberi dan rasa buah lainnya, kini milkshare juga ada yang terbuat dari pete.

Tapi, milkshake yang satu ini bukan milkshake biasa, ini mampu mengobati mabuk. Milkshake yang disajikan manis dengan madu dapat menolong menenangkan perut serta dengan madunya dapat menambah kandungan gula darah yang jatuh. Penambahan susu juga bisa dilakukan untuk menenangkan serta perbaikan cairan dalam tubuh.

Ternyata dibalik bentuknya yang mungil dan baunya yang luar biasa ini, pete menyimpan banyak khasiat untuk tubuh manusia. Meskipun demikian, antara kedua pilihan tersebut, semua kembali kepada diri anda. Apakah ingin mengkonsumsi pete atau tidak.

Pete bukanlah makanan yang menjijikkan, banyak orang yang memfavoritkan pete dan tidak sedikit pula yang tidak menyukai pete. Semoga informasi 18 manfaat pete untuk kesehatan ini bermanfaat. ^_^

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 94 dari total 100, oleh 85 pembaca

Tag: buah pete, manfaat pete, khasiat pete, pete untuk kesehatan, pete, .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?