30 Manfaat Jeruk Nipis dan Lemon Untuk Kesehatan [Part 1]

Jeruk nipis atau lemon sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Selain biasa digunakan dalam menu masakan sebagai penyedap atau bumbu tambahan dan minuman, jeruk nipis dikenal sejak lama sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat.

30 Manfaat Jeruk Nipis Untu - Makanan : 30 Manfaat Jeruk Nipis dan Lemon Untuk Kesehatan [Part 1]

Jeruk nipis memiliki banyak kandungan selain Vitamin C, A, dan B1, seperti Lanlool, minyak terbang Lomonene, flavonoid Synephrine, N-methyltyramine, Asam sitrat, Kalsium, Kalsium, Fosfor, Besi, dan asam sitrat. Kandungan-kandungan tersebut bermanfaat untuk memberikan kesehatan, merawat dan menjaga kesehatan tubuh serta mengobati beberapa macam penyakit.

Menurut Dokter dan Herbalis di Indonesia, ada beberapa manfaat dan cara pemanfaatan jeruk seperti yang diuraikan berikut ini:

1. Meningkatkan kinerja pencernaan

Mengkonsumsi jeruk nipis/lemon yang dicampurkan segelas air hangat akan memberikan dampak baik pada proses pencernaan. Ini merangsang dan mengaktifkan seluruh proses pencernaan tubuh, sehingga membantu Anda tetap sehat dan aktif.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamn C pada jeruk mampu memberikan perlindungan terhadap penyakit akibat dingin dan beragam penyakit lainnya. Dengan  kekebalan tubuh yang meningkat akan menjaga dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit dari lingkungan.

3. Menghambat Penuaan

Kandungan Vitamin C dari jeruk ini bertindak sebagai antioksidan alami. Sehingga tubuh akan mampu melawan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh yang menyebabkan banyak kerusakan pada kulit. Meminum segelas air jeruk nipis hangat dapat melawan kerutan akibat penuaan dini.

4. Menurunkan berat badan

Pengamat berat badan sering merekomendasikan agar memulai hari dengan segelas air jeruk nipis hangat. Selain memberikan perasaan kenyang, jeruk nipis juga menyediakan serat dan vitamin C yang membantu menurunkan berat badan.

5. Mengobati batuk

Perasan 1 buah jeruk nipis yang dicampur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garamSatu jeruk nipis dicuci, diperas, dicampur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, yang diminum secara rutin 2-3 kali sehari mampu mengobati batuk. atau perasan jeruk nipis bisa pula ditambah sepotong gula batu yang diminum 1 kali  sehari hingga batuk sembuh.

6. Menyembuhkan batuk disertai Influenza

Hanya dengan perasan sebuah jeruk nipis yang telah masak dan mengandung cukup banyak air, kemudian disedu dengan 60 cc air panas ditambah 1/2 sendok teh air kapur sirih, mampu menyembuhkan batuk yang disertai dengan influensa. Jangan lupa untuk mengaduk terselbih dahulu campuran sebelum diminum. Minum ramuan 2 kali sehari sebanyak 2 sendok makan.

7. Mengobati Demam atau Flu

Untuk mengobati Demam dan Flu, terdapat dua cara, yaitu :
Cara pertama: Satu jeruk nipis dicuci lalu diperas, tambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita.

Cara kedua: Satu jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum sekaligus.

8. Menyembuhkan radang tenggorokan

Caranya, Potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramun ini untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.

9. Demam akibat Malaria

Caranya dengan menyediakan 3 lembar daun jeruk nipis dan daun kendal (Cordia obliqua Willd.) (Blumea balsamifera L.) , dan 5 lembar daun prasman
(Eupatorium triplinerve Vahl.). Rebus bahan-bahan tersebut dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring. Air saringan tersebut dibagi dua, diminum pagi dan sore.

10. Melebatkan Rambut

Satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis kampung sampai rata. Gosokkan pada kulit kepala, pijit-pijit sampai merata, biarkan selama 2 jam baru dibilas dengan sampo merang agar rambut menjadi mengkilap dan lebat.

Sampo merang dibuat dari 1 ikat merang, dibakar sampai menjadi arang, bukan abu, rendam dalam air dan biarkan semalaman. Saring, dan sampo merang siap untuk keramas.

11. Mengobati Ambeien

Sebanyak 10 gr akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

12. Menyembuhkan Amandel

Kulit 3 jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari.

13. Menobati Batu Ginjal

Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.

14. Anyang-anyangan

Dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk hangat-hangat, minum sekaligus sehari sekali.

15. Vertigo

Setengah genggam daun jeruk nipis dilumatkan. Tambahkan 1 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan ke tengkuk, pelipis, dan dahi. Lakukan 2 kali sehari.

Namun bagi pengidap sakit maag, disarankan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi air jeruk. Karena air jeruk mampu memicu lambung anda akan semakin terasa perih akibat luka pada dinding lambung anda tersiram air jeruk tersebut.

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 94 dari total 100, oleh 83 pembaca

Tag: perasan jeruk nipis, minuman jeruk, kesehatan tubuh, manfaat jeruk nipis, obat jeruk nipis, khasiat jeruk nipis, lemon, air jeruk nipis .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?