4 Kebiasaan Perusak Tulang

Banyak yang dilakukan setiap harinya. Aktivitas dimulai sejak bangun tidur hingga tidur kembali dimalam hari. Tulang memainkan peran utama dalam pergerakan tubuh, gerakan yang selalu berulang-ulang setiap hari dalam beraktivitas menjadi kebiasaan yang memberikan efek terhadap kesehatan tubuh dan tulang.

4 Kebiasaan Perusak Tulang - Kesehatan : 4 Kebiasaan Perusak Tulang

Efek yang terjadi bisa berupa dampak baik untuk kesehatan atau sebaliknya. Untuk itu, perhatikan kebiasaan setiap hari dan ketahui kebiasaan yang mampu memicu kerusakan tulang anda. Berikut 4 kebiasaan yang mungkin selalu anda lakukan yang berdampak buruk merusak tulang.

1. Sepatu hak tinggi

Menggunakan sepatu hak tinggi bertujuan untuk menunjang penampilan, agar tampil gaya dan anggun meski harus rela menahan sakit berjam-jam untuk tujuan yang satu ini. Tapi, penggunaan sepatu high heels memberikan efek buruk terhadap tulang anda, lebih lebih bila penggunaan dalam waktu yang lama dan terus menerus.

Struktur jaringan lunak di sekitar sendi seperti ligamen, tendon, otot dan saraf bisa terganggu. Ini terjadi karena peregangan pada jaringan lunak di sekitar sendi mata kaki.

2. Tas berat

Mungkin anda termasuk orang yang siap siaga, mempersiapkan semuanya dengan lengkap dan hati-hati. Sehingga tas penuh dengan barang bawaan anda, bahkan membawa semuanya dalam tas berukuran besar. Perbaiki kebiasaan ini, jangan membawa tas yang terlalu berat karena bisa memperburuk kondisi tulang anda.

Kondisi tulang yang normal dengan kebiasaan seperti ini akan menyebabkan kelainan pada tulang karena memikul beban yang berlebihan diluar batas kemampuan tulang. Semua beban yang anda bawa ditopang oleh tulang anda, misalnya anda membawa tas di lengan, pundak, atau dijinjing. Maka berat beban tertumpu pada satu titik dimana beban itu ditopang.

3. Tidur larut malam/begadang

Walau nggak berpengaruh langsung pada tulang, kebiasaan yang menyertainya bisa jadi penyebab kerusakan tulang. Misalnya, begadang sambil  merokok atau minum kopi. Mungkin begadang sudah menjadi kebiasaan karena kebutuhan waktu untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan  lainnya, sehingga memaksa tulang untuk aktivitas lebih keras seperti duduk terlalu lama yang akan membuat tulang punggu pegal dan ngilu, apalagi  bila posisi/kondisi duduk yang tidak benar.

4. Membunyikan buku jari

Pasti ada di antara kita yang terbiasa membunyikan buku jari, apalagi saat pegal. Kebiasaan ini punya efek buruk. Gerakan berlebihan pada sendi jari  saat menekuk dan meluruskan jari bisa menyebabkan bunyi yang timbul dari gesekan jaringan lunak di sekitar sendi.

Gerakan berulang ini bisa menyebabkan gangguan pada struktur jaringan lunak tersebut, sehingga terjadi perubahan bentuk pada jari, yakni menjadi lebih besar dan tidak  indah. Kebiasaan membunyikan sendi tidak hanya pada jari saja, tetapi pada sendi-sendi tulang lainnya seperti leher, pinggang/tulang belakang dan pundak yang sangat berpengaruh terhadap tulang.

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 94 dari total 100, oleh 83 pembaca

Tag: kerusakan tulang, sendi, kesehatan tulang, tulang, gerakan, .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?