5 Cara Menahan Emosi Saat Berpuasa

Di bulan puasa tak hanya menahan haus dan lapar tapi juga harus menjaga hati salah satunya menahan emosi. Emosi muncul bisa disebabkan berbagai macam alasan, baik dari lisan, perbuatan, maupun keadaan lainnya. Menahan emosi memang sulit, tapi bukan berarti gak bisa kan?. Berikut cara menahan emosi yang patut dicoba.

5 cara menahan emosi dibula - Inspirasi : 5 Cara Menahan Emosi Saat Berpuasa

1. Hindari pemicu masalah

Anda punya beberapa teman yang kelakuannya sering membuat jengkel. Misalnya, teman yang egois hanya mementingkan kepentingannya, teman yang bossing atau suka mengatur, atau obrolan yang melukai perasaan. Hindari hal tersebut dengan mengurangi komunikasi atau interaksi yang tidak penting.

2. Tutup mata

Jika anda melihat sesuatu dan merasa ada yang tidak beres, segera tutup mata dan mulailah menghitung sampai angka sepuluh untuk mengalihkan perhatian dari hal tersebut. Anda juga bisa mengalihkan pandangan anda ke objek yang lain yang lebih menarik dan menyenangkan.

3. Tarik nafas

Ketika hati terlalu panas, emosi tak dapat ditahan lagi dan segera meledak. Bertahanlah sejenak, tarik nafas perlahan beberapa kali. Sambil bernafas ucapkan dalam hati kalimat-kalimat yang menenangkan perasaan anda. Semoga saja emosi yang hendak meledak perlahan menjadi surut.

4. Salurkan emosi

Anda sudah berusaha, namun terkadang emosi tidak surut seratur persen. Bila begini, salurkan emosi dengan aktifitas yang menyenangkan seperti bernyanyi, membaca, atau aktifitas lain yang anda sukai. Dengan demikian konsentrasi kita akan tertuju pada aktifitas yang sedang dilakukan.

5. Mengingat Tuhan

Solusi yang paling baik dan mujarab adalah dengan perbanyak mengingat Allah, ambillah wudhu, berdzikir, berdo’alah atau mengaji. Karena hanya Dia-lah penyelamat dari segalanya, Yang Menenangkan Hati. Mohonlah ketenangan hati pada-Nya, puasapun akan lebih lancar ^_^.

Emosi itu melelahkan dan membuat badan menjadi kurang sehat. Setiap orang pasti akan menemukan kejengkelan meski semua faktor penyebabnya telah dihindari. . So, keep be patient OK ^_^ setiap orang juga pasti pernah membuat orang lain merasa jengkel.

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 94 dari total 100, oleh 83 pembaca

Tag: menahan emosi, emosi, bulan puasa, bersabar, masalah puasa, puasa, .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?