5 Efek Buruk Soda pada Ginjal

Telah banyak yang mengetahui bahwa minuman soda menggunakan pemanis buatan yang dapat memicu kanker. Minuman soda merupakan minuman berkarbonasi yang dapat menyebabkan obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

5 efek buruk soda pada ginj - Kesehatan : 5 Efek Buruk Soda pada Ginjal

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa jika meminum minuman soda lebih dari dua gelas per hari dapat meningkatkan resiko penyakit ginjal kronis.

Perlu anda ketahui beberapa kandungan softdrink yang menimbulkan resiko buruk terhadap ginjal, akibat mengkonsumsi minuman bersoda.

1. Asam fosfat

Asam fosfat biasa terkandung dalam soda dapat mempengaruhi pembentukan batu ginjal di saluran kemih. Asam fosfat dapat mengikat mineral lain, seperti kalsium, di dalam ginjal dan menyebabkan pembentukan batu ginjal.

2. Sodium

Soda biasanya juga mengandung mineral sodium yang merupakan jenis garam yang dapat meningkatkan resiko terkena penyakit ginjal kronis. Penyakit ginjal adalah penyakit kronis yang ditandai dengan ketidakmampuan ginjal untuk menyaring limbah dari tubuh dan meningkatkan risiko penumpukan racun dalam darah.

3. Pemanis buatan

Diet soda adalah minuman yang diklaim bebas gula, tetapi kandungan gula dalam pemanis buatan lebih tinggi bila dibandingkan dengan gula normal. Penelitian menunjukkan bahwa minum diet soda memiliki efek negatif pada fungsi ginjal. Mengonsumsi diet soda dua kali dalam sehari menyebabkan peningkatan dua kali lipat dalam kemungkinan penurunan fungsi ginjal.

4. Kafein

Hampir semua soda mengandung kafein yang juga memberikan efek buruk terhadap ginjal. Kafein adalah zat yang dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan peningkatan resiko penyakit ginjal. Hal ini tentu sangat berlaku untuk diet soda yang secara langsung akan mengalami lonjakan tekanan darah dalam tubuhnya.

5. Sirup jagung

Ada kemungkinan beberapa soda ditambahkan sirup jagung froktosa tinggi. Sirup jagung mengandung banyak kalori yang dapat menyebabkan penyakit ginjal dan peningkatan tekanan darah. Hal ini terjadi karena sirup jagung berkontribusi terhadap sensitivitas insulin dan obesitas.

Inilah lima efek berbahaya dari minuman bersoda. Apabila mengkonsumsinya secara berlebihan, tentu akan membawa masalah kesehatan bagi tubuh anda terutama pada organ ekskresi dan sekresi manusia, yaitu ginjal. Dengan demikian, akan terjadi gangguan fungsi ginjal menjadi tidak normal bahkan penyakit kronis. So, Be health be happy ^_^

 

 

 

 

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 94 dari total 100, oleh 84 pembaca

Tag: minuman bersoda, soda, kafein, soda merusak ginjal, diet soda, efek butuk soda, kerusakan ginjal, penyakit ginjal .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?