6 Cara Aman dan Tepat Membersihkan Komedo

Komedo menjadi salah satu masalah pada kulit wajah yang mengganggu kecantikan khususnya pada wanita. Komedo adalah pori-pori kulit yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo terbuka disebut dengan blackhead sedangkan komedo pada pori-pori tertutup disebut whitehead. Komedo putih lah yang dapat menyebar cepat pada kulit bila tidak segera dibersihkan.

6 Cara Aman dan Tepat Membe - Kecantikan : 6 Cara Aman dan Tepat Membersihkan Komedo

Sebelum kita memasuk tips bagaimana menghilangkan komedo, perlu diketahui terlebih dahulu penyebab komedo itu sendiri. Komedo disebabkan oleh sel kulit mati dan juga kelenjar minyak yang berlebih pada kulit wajah. Apabila tidak melakukan perawatan secara rutin untuk membersihkan sel-sel kulit mati, maka sel kulit tersebut akan menumpuk.

Banyak obat penghilang komedo alami yang dijual di beberapa toko obat, namun hal tersebut tidaklah aman untuk digunakan. Ada pula yang membersihkan komedo dengan cara dipencet penggunakan tangan, hal tersebut tidak dianjurkan karena kebanyakan orang membersihkan komedo tidak menjaga kondisi tangan dalam keadaan bersih/steril.

Jadi, bila ingin membersihkan wajah dari komedo, beri perlakukan steril dengan membersihkan tangan dengan sabun dan menyemprotkan sedikit alkohol ke tangan yang digunakan tersebut. Dan jangan terlalu memaksa bila komedo tidak dapat keluar dengan mudah, karena dapat menyebabkan peradangan kulit dan akibatnya komedo malah semakin menyebar dan kulit terinfeksi.

Untuk lebih aman, anda bisa mencoba tips-tips berikut untuk membersihkan kulit wajah dari komedo secara cepat dan aman.

1. Melakukan penekanan

Untuk menghilangkan komedo blackhead, lakukan dengan tekanan vertikal secara lembut pada daerah sekitar komedo. Tekanan mendorong komedo keluar permukaan kulit, jika komedo tidak keluar, pindahkan jari-jari ke lokasi berbeda di sekitar komedo, ulangi beberapa kali.

Jika lemak komedo mulai muncul, terus tekan lagi perlahan di beberapa tempat hingga semua lemak tersebut keluar. Bila terjadi pendarahan, hentikan dan bersihkan menggunakan kapas/kain lembut.

2. Menggunakan Krim Jerawat

Krim jerawat mengandung benzoil peroksida yang membantu membunuh bakteri dan mengurangi minyak yang menempel. Krim yang digunakan harus krim rekomendasi dari para ahli.

3. Pasta gigi

Oleskan pasta gigi di daerah sekitar komedo, tunggu hingga kering lalu bilas dengan handuk yang sudah dicelup dengan air hangat.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung gel/lendir yang bisa kita dapatkan saat dibelah/dikupas. Nah, lendir tersebut dioleskan di sekitar komedo dan biarkan hingga 10 menit agar kandungan gel lidah buaya terserap dengan baik.

5. Baking Soda

Baking soda dapat menghilangkan noda hitam pada wajah. Campurkan dua sendok bakin soda dengan sedikit air hingga membentuk seperti pasta. Oleskan pada permukaan kulit wajah anda seperti masker, lalu bersihkan.

6. Scrub

Scrub berfungsi menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga memperlancar proses regenerasi kulit. Pilihlah scrub khusus untuk wajah, karena kulit wajah berbeda dengan kulit bagian tubuh yang lain.

 

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 94 dari total 100, oleh 84 pembaca

Tag: pori pori, Cara membersihkan komedo, komedo putih, aman membersihkan komedo, alami membersihkan komedo, Komedo, blackheads, komedo hitam .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?