6 Manfaat Kacang Mete

Kacang mete merupakan kacang yang berasal dari jambu monyet. Snack yang lezat ini sering menjadi teman cemilan coklat, kue, noghurt, dan tak jarang pula memakan kacangnya langsung. Selain rasanya yang nikmat, kacang mete memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

6 Manfaat Kacang mete - Makanan : 6 Manfaat Kacang Mete

Apa saja manfaatnya? simak uraian berikut:

1. Menurunkan berat badan

Sekitar 75 % lemak yang terkandung dalam kacang mete adalah lemak tak jenuh (unsaturated fats) yang merupakan lemak baik. Selain itu, kacang mete mengandung serat dalam jumlah tinggi. Lemak baik membuat kacang mete dapat membantu menurunkan berat badan dan memberikan lebih banyak energi pada tubuh.

Kacang mete juga membantu memperlancar metabolisme tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi kadar kolesterol jahat.

Lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fats) membantu meningkatkan kesehatan jantung. Lemak ini ditemukan dalam diet Mediterania. Mengonsumsi kacang mete dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi kadar kolesterol jahat.

3. Menurunkan risiko kanker.

Kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi dalam kacang mete membantu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Kacang mete dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membunuh sel-sel kanker yang berkembang dalam tubuh.

4. Meningkatkan fungsi otak.

Kacang mete dapat membantu meningkatkan oksigen ke otak. Kacang mete memainkan peran penting dalam meningkatkan memori. Hal ini dikarenakan lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal berkaitan dengan produksi sel otak.

Otak bergantung pada kedua jenis lemak ini, dan kacang mete memiliki kandungan yang tinggi akan kedua lemak tersebut.

5. Menguatkan tulang.

Magnesium yang ditemukan dalam kacang mete membantu mempromosikan struktur tulang yang kuat dalam tubuh. Magnesium ditemukan sekitar 82,5 mg/ons dalam kacang mete. Magnesium bersama dengan kalsium, membantu mendukung otot dan struktur tulang.

6. Meningkatkan tekanan darah

Kacang mete dapat meningkatkan tekanan darah, namun ini hanya terjadi pada kacang mete yang mengandung natrium (garam) dalam jumlah tinggi. Jadi, untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya mencari kacang mete yang mengandung sedikit atau tidak mengandung garam sama sekali.

Kacang mete memang nikmat dan banyak manfaat, namun tetap harus diatur dalam mengkonsumsinya. Jangan sampai kebanyakan, justru akan mendatangkan penyakit. Solusinya, kenali kondisi tubuh anda, dan terapkan pola makan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 94 dari total 100, oleh 85 pembaca

Tag: jambu monyet, kacang mete, kacang mete untuk kesehatan, manfaat kacang mete, menurunkan berat badan, khasiat kacang mete, .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?