8 Alasan Beralih ke Android

Beberapa tahun lalu, ponsel pintar keluaran Apple sangat digemari oleh penggunanya. Mereka menganggap, iPhone tergolong perangkat yang eksklusif. Kini, kejayaan itu sedang beralih pada perangkat berbasis Android. Tak sedikit pengguna yang mulai beralih pada handheld dengan sistem Google itu. Berikut ini delapan alasan umum yang mendasari beralihnya pengguna Apple pada perangkat Android.

8 Alasan Beralih ke Android - Gaya Hidup : 8 Alasan Beralih ke Android

1. Menu Widget di Layar Utama

Bila dibandingkan pada iPhone, menu widget pada Android terasa lebih baik. Widget pada iPhone tidak mengubah ikon aplikasi cuaca, dan untuk mengaktifkannya, pengguna harus memasang aplikasi secara terpisah pada iPhone. Tampilan perkiraan cuaca pun tak bisa tampil pada layar utama ponsel. Berbeda dengan Android, pengguna bisa melihat real-time cuaca lewat widget. Tampilannya pun bisa disesuaikan dan muncul pada layar utama.

2. Desain Lebih Menarik

Awalnya, desain ponsel Andorid memang tidak atraktif seperti iPhone. Tampilannya termasuk sederhana. Tapi, kini Android telah bekerja sama dengan beberapa vendor untuk menciptakan ponsel dengan desain yang lebih “menjual”.

3. Lebih Banyak Aplikasi

Jumlah aplikasi pada Play Store milik Google kini lebih banyak dibandingkan App Store milik Apple. Menurut Forbes, Google juga memimpin jumlah unduhan aplikasi. Memang, masih ada beberapa aplikasi pada App Stroe yang tidak bisa diakses oleh Google. Tapi Google mulai mencoba memperbaiki hal ini. Misalnya, aplikasi Instagram dan Vine yang dulu hanya ada pada App Store kini sudah tersedia juga untuk Play Store.

4. Aplikasi Pengontrolan bagi Orang Tua

Pada ponsel Android dengan sistem 4.3 ke atas tersedia aplikasi yang sangat bermanfaat bagi orang tua. Dengan aplikasi ini, orang tua dapat mengontrol pemakaiann tablet pada anak dengan sistem approve pengguna. Orang tua hanya perlu menyetel aplikasi ini lewat menu pengaturan untuk mengaktifkannya

5. Terintegrasi dengan Google

Pengguna ponsel Android bisa langsung terhubung dengan akun Google mereka, termasuk Gmail. Selain itu, Google membenamkan aplikasi Google Map ke semua ponsel Android. Dengan terintegrasi pada Google, pengguna juga bisa langsung mensinkronkan akun Google dari Web ke ponsel agar bisa diakses kapan saja.

6. Virtual Home Button

Jika pada iPhone, pengguna harus menekan tombol home untuk kembali ke layar utama, Android menyediakan tombol virtual dengan kegunaan yang sama. Tombol home virtual akan muncul pada setiap aplikasi atau menu yang sedang dijalankan.

7. Toko Aplikasi Lebih Luas

Untuk membeli aplikasi, iPhone hanya menyediakannya pada App Store. Padahal, hal ini rentan terserang virus maleware. Dengan Android, pembelian aplikasi tidak hanya tersedia pada Play Store. Pengguna juga bisa mencari aplikasi ke situs Amazone.com atau situs resmi aplikasi yang diinginkan.

8. Lebih Praktis

Untuk poin ini, baik iPhone maupun Android memiliki cara pemakaian yang seimbang. Kedua sistem operasi ini sekarang lebih mudah digunakan oleh penggunanya. Namun, tetap saja akan ada persaingan ketat tentang siapa yang lebih unggul sebagai sistem operasi pada perangkat digital.

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 93 dari total 100, oleh 88 pembaca

Tag: widget, play store, smartphone, virtual home button, ponsel, desain android, handphone, aplikasi .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?