Cara Membersihkan Karang Gigi

Karang gigi merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh mulut/gigi setiap orang. Karang gigi terjadi karena plak atau kotoran gigi yang terlalu lama bertahan di gigi sehingga mengeras dan terjadilah karang gigi.

Cara Membersihkan Karang Gi - Kesehatan : Cara Membersihkan Karang Gigi

Kotoran dalam mulut yang bertahan dalam waktu lama tersebut mengeras dan membatu membentuk timbunan plak gigi akhirnya susah untuk dibersihkan kalau hanya dengan menggunakan pasta gigi biasa.

Karang gigi dalam mulut bukan hal yang bisa dianggap sepele, karena kalau tidak dihiraukan maka karang gigi ini bisa menyebabkan berbagai macam penyakit mulut seperti radang gusi, gusi membengkak yang ditandai dengan sering keluar darah waktu menggosok gigi.

Karang gigi disamping menyebabkan berbagai penyakit mulut, juga memberikan penampilan yang jorok, karena itu membersihkan karang gigi dalam mulut adalah keharusan dan keniscayaan bagi setiap orang yang memperhatikan kebersihan dan kesehatan.

Cara Membersihkan Karang Gigi dalam Mulut

Karang gigi yang terbentuk didalam mulut ini berbeda-beda, ada yang mudah terbentuk dan ada juga krang gigi yang lama proses ternbentuknya, ini tergantung pada lingkungan dalammulut seseorang dan air ludah serta makanan yang dimakan.

Cara membersihkan karang gigi dalam mulut ini adalah dengan bantuan dokter, anda tidak dianjurkan untuk membersihkan karang gigi dengan cara sendiri, seperti menggunakan bahan kimia tertentu, atau dengan mencongkel karang gigi dengan cara anda.

Anda harus pergi ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi, baik ke dokter yang praktek di rumah, klinik, atau tempat lain. Tetapi kalau anda tidak memiliki cukup biaya anda bisa mendatangi puskesmas untuk meminta dokter gigi membersihkan karang gigi anda dengan cara scaling atau lainnya.

Membersihkan karang gigi dengan cara yang salah justru akan memberikan efek yang berbahaya bagi kesehatan gigi. Misalnya membersihkan gigi dengan batu, logam atau bahan lain, salah-salah ini akan memperburuk dan merusak email gigi anda, padahal email gigi adalah hal yang sangat penting bagi gigi. Jadi, sebaiknya datang ke dokter gigi saja.

Agar kalkulus atau karang gigi tidak kembali lagi setelah kita membersihkan gigi, maka kita harus melakukan beberapa tindakan pencegahan sebagai berikut.

  1. Rajin menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur
  2. Biasakan minum air putih dan berkumur-kumur
  3. Biasakan membersihkan karang gigi dengan benang atau benang gigi disela-sela gigi
  4. Mengkonsumsi dengan rajin buah-buahan seperti apple, pir, strawberry dan sayuran berserat
  5. Rajin berkumur-kumur dengan air kumur mulut seperti listerin, dan lain-lain

Demikianlah cara menghilangkan dan membersihkan karang gigi dalam mulut secara aman dan benar. Biasakan kita membersihkan gigi agar karang gigi tidak melekat dan mengeras di sela-sela gigi.

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 93 dari total 100, oleh 87 pembaca

Tag: masalah mulut, ludah, masalah gigi, karang gigi, kebersihan mulut, dokter gigi, pasta gigi, plak gigi .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?