Cara Mengatasi Flek Hitam Pada Wajah

Munculnya flek hitam pada wajah dapat mengganggu penampilan, meskipun dapat ditutupi dengan foundation sebelum make up. Namun, cara tersebut tidak memuaskan karena flek hitam akan tetap terlihat bila kondisi make up luntur akibat keringat atau air.

Cara Mengatasi Flek Hitam P - Kecantikan : Cara Mengatasi Flek Hitam Pada Wajah

Banyak faktor menyebab munculnya flek hitam pada wajah, diantaranya oleh faktor genetik, hormon, ras, sinar UV, kosmetik, konsumsi obat-obatan yang mempengaruhi proses pigmentasi, dan dapat pula disebabkan oleh aktivitas terhadap kulit wajah seperti memencetan komedo atau jerawat yang menyebabkan kulit luka sehingga muncul noda hitam.

Flek hitam di wajah sering ditemukan pada jenis kulit berwarna cerah, karena kondisi kulit yang cerah membuat noda-nodanampak jelas. Jika tidak terawat, flek akan bertambah banyak dan melebar.

Berikut tips mencegah dan merawat wajah dari flek hitam.

1. Hindari pancaran sinar UV secara langsung terhadap kulit terutama antara pukul 09.00-15.00. Anda bisa menggunakan topi atau payung jika keluar rumah. Jangan lupa untuk selalu menggunakan sunblock/tabir surya yang cocok untuk kulit anda agar terlindung dari UV. SPF 15 untu aktivitas sehari-hari dan SPF 30 untuk paparan intens. Gunakan sunblock berulang setiap beberapa jam sesuai kebutuhan.

2. Kebutuhhan kosmetik merupakan kebutuhan yang tidak tertinggalkan. BErhati-hatilak dalam memilih produk kosmetik, seperti pemutih wajah. Banyak produk kecantikan yang menjanjikan dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Jangan mudah terkecoh, pilihlah produk terbaik dan tidak asal-asalan.

Lebih baik membeli kosmetik yang harganya lebih tinggi daripada murah namun tidak terjamin kualitasnya. Untuk lebih baik, konsultasikan pada dokter kulit anda untuk produk kosmetik yang lebih tepat.

3. Saat usia menginjak 25 tahun, metabolisme tubuh mulai melambat. Regenerasi kulit harus dibantu dengan microdermabrasi seminggu sekali untuk membantu pengangkatan sel kulit mati.

4. Gunakan krim malam sebelum tidur untuk membantu proses regenerasi kulit. Bila anda tidak suka menggunakan krim malam, anda cukup membersihkan wajah sebelum tidur.

5. Bila kondisi kulit anda sudah parah, anda harus melakukan peremajaan kulit di klinik kecantikan dengan cara membidik melanin pada bercak tersebut untuk menghilangka bercak pigmen yang berlebih pada kulit.

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 94 dari total 100, oleh 83 pembaca

Tag: flek hitam, wajah, perawatan wajah, flek hitam wajah, kulit wajah, menghilangkan flek hitam, perawatan kulit wajah, .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?