Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Berjilbab

Mengenakan jilbab memang kewajiban bagi wanita muslimah. Jilbab itu sendiri memberikan banyak manfaat kepada wanita. Namun, dalam menggunakan jilbab terkadang para jilbabers kurang memperhatikan penampilan didalam. Penampilan yang tidak untuk dilihat, namun harus tetap dijaga.

Hal Yang Perlu Diperhatikan - Inspirasi : Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Berjilbab

Terlihat tertutup dan rapi memang harus, namun harus juga memperhatikan beberapa hal yang juga penting dibalik jilbab. Hal ini juga penting karena selain untuk penampilan anda tetap rapi, tetapi juga untuk kebersihan diri. Kondisi rambut rontok dan ketombean, jerawatan hingga jilbab yag kurang syar’ipun kadang menjadi masalah.

So, mari simak beberapa poin penting yang perlu jilbabers sekalian perhatikan.

1. Aneka problema jilbab

Memperhatikan jilbab adalah poin yang sangat penting, pastikan jilbab yang anda gunakan tidak transparan. Gunakan inner jilbab yang menutupi leher  agar lekuk leher tidak terlihat.

Gunakan pula jilbab yang menyerap keringat, dari bahan apapun. Kebanyakan orang menggunakan jilbab cantik namun bahannya tidak menyerap keringat sehingga menyebabkan udara panas dan pengap di bagian kepala, yang membuat kepala lembab dan berbau.

Perhatikan pula ukuran jilbab saat digunakan, gunakan yang cukup menutup bagian tubuh dengan baik. Jangan terlalu pendek atau panjang namun dililitkan keleher hingga tidak ada lagi bagian jilbab yang menutupin tubuh. Jilbab trendy boleh-boleh saja, asal gunakan sesuai fungsinya jangan sekedar gaya dan fashion.

2. Ikatan Rambut

Mengikat rambut itu penting, hal ini bertujuan agar jilbab lebih rapi, dan rambut tidak berantakan yang menyebabkan rambut mencuat ke pori-pori jilbab dan juga tidak berantakan. Percuma donk pake jilbab tapi rambut masih keliatan. Jangan terlalu kencang mengikat rambut anda untuk menghindari kulit kepala sakit akibat tertarik, kepala pusing, dan mengurangi resiko rambut rusak.

Saat waktu beristirahat dimalam hari, lepas ikatan rambut anda agar rambut juga dapat beristirahat setelah diikat sepanjang hari. Jangan lupa pula untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala, bersihkan rambut secara rutin agar terhindar dari bau, ketomber dan resiko rambut rontok.

Keramaslah hingga bersih, bila perlu cuci kepala berulang (2 kali) menggunakan sampo saat keramas.

3. Baju

Masih banyak di antara kita yang menggunakan pakaian ketat dan pendek saat berhijab. Pakaian terlalu kedodoran pun nggak akan nampak indah kalau tak fit di tubuh. Gunakanlah pakaian yang ukurannya longgar dan cukup panjang, namun tidak berkesan terlalu kedodoran.

Bila Anda berukuran L, carilah batwing dengan ukuran L yang akan fit di tubuh Anda. Jangan menggunakan ukuran XL yang membuat Anda tenggelam di dalam pakaian. Pakaian ketat dan pendek kurang direkomendasikan karena busana muslim pada dasarnya menghindari lekukan tubuh yang nampak jelas.

Bila Anda menggunakan pakaian semacam ini, sebaiknya dilapisi outer loose/batwing yang menyamarkan bentuk tubuh dan jilbab Anda menutupi bagian dada. Gunakan pula beju berlengan panjang, bukan yang berlengan pendek yang memperlihatkan lengan anda hingga siku, tidak sedikit muslimah berhijab sekarang yang mengenakan pakaian berlengan gantung tanpa dilapisi inner lengan panjang.

Jangan lata fashion yah, sekarang banyak butik fashion yang menawarkan pakaian yang lebih trendy dan cantik. Anda harus pintar memilih pakaian, jangan hanya karena lagi trend sehingga anda membelinya dan menggunakannya ke mall, acara keluarga atau kemanapun saja yang membuat anda nampak konyol.

Jangan mengundang fitnah dengan pakaian yang anda kenakan, kenakan yang biasa. Bukankah Islam mengajarkan untuk tidak  berlebihan?. So, Tampil trendy memang boleh, tapi harus tetap pintar memilih.

Menggunakan hijab yang cantik adalah keinginan setiap wanita agar tetap tampil cantik dalam menjalankan kewajiban menutup aurat, namun cantik saja tidak cukup bila tidak baik. Baik dalam berbusana, busana yang syar’i adalah poin utamanya. Gunakan busana tertutup dan rasakan perbedaannya, banyak manfaat yang akan anda rasakan.

Ingat, tampil trend dengan fashion boleh asal ingat poin pentingnya tadi, jangan kurang dan jangan pula berlebihan, yang sedang-sedang saja ^_^.

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 94 dari total 100, oleh 84 pembaca

Tag: penting saat berjilbab, mengenakan jilbab, poin penting berjilbab, jilbab syar'i, busana berjilbab, jilbab muslimah, aneka problema jilbab, .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?