Inilah 15 Bahan Makanan Anti Aging

Nutrisi untuk kesehatan tubuh bersumber dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan indah, maka makanan dan minuman yang dikonsumsi juga harus sehat. Kali ini, kita membincangkan tentang Anti Aging, yaitu bahan-bahan makanan yang berperan sebagai anti aging khususnya untuk wanita.

15 Bahan Makanan Anti Aging - Kecantikan : Inilah 15 Bahan Makanan Anti Aging

Berikut simak uraian 15 Bahan Makanan Anti Aging yang perlu diketahui:

1. Brokoli

Brokoli kaya akan sulforaphane, yaitu senyawa yang memiliki khasiat antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dalam tubuh.

2. Kacang Merah

Kacang merah mengandung protein nabati, serat, folat, magnesium, dan potassium yang sangat bermanfaat menjaga kesehatan tubuh. Kacang merah juga mengandung berbagai antioksidan flavonoid yang memiliki khasiat anti-aging.

3. Ubi Jalar

Ubi jalar mampu menjaga kesehatan kulit. Likopen yang terkadung dalam ubi jalar berperan dalam melindungi sel kulit terhadap kerusakan akibat sinar ultraviolet dan vitamin C yang membantu produksi kolagen untuk menjaga kesehatan kulit.

4. Dark Chocolate (Cokelat Hitam)

Coklat hitam mengandung kakao sekitar 70%. Kakao mengandung antioksidan flavanol yang berkhasiat mengurangi inflamasi kulit karena paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari.

5. Berry

Semua berry berwarna hitam atau biru seperti blackberry, blueberry, blackcurrant, dan anggur hitam banyak mengandung bahan fitokimia yang dikenal sebagai flavonoid yang merupakan antioksidan yang sangat berkhasiat melindungi sel-sel tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

6. Pomegranate (Delima)

Pomegranate atau delima adalah buah bergizi yang banyak mengandung anthocyanin dan ellagitannin yang merupakan atioksidan kuat yang memberi perlindungan pada sel-sel tubuh. Makan buah delima juga berkhasiat mengurangi resiko kanker dan penyakit jantung.

7. Semangka

Salah satu manfaat makan semangka adalah menyehatkan kulit. Semangka mengandung vitamin A, vitamin C, dan likopen yang berperan melindungi dan memperbaiki kerusakan sel-sel kulit.

8. Bayam

Bayam banyak mengandung lutein yang berkhasiat sebagai anti aging.

9. Bulir Utuh

Bulir utuh seperti gandum utuh banyak mengandung serat pangan (dietary fiber) yang membantu pencernaan dan metabolisma serta menjaga kesehatan kardiovaskular.

10. Ikan Berlemak omega-3

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, herring, dan sarden sangat menyehatkan karena mengandung asam lemak omega-3. Beberapa manfaat omega-3 antara lain menjaga kesehatan pembuluh darah, mengendalikan tekanan darah, mengurangi inflamasi, dan mengurangi resiko penyakit jantung.

11. Yogurt

Yogurt biasa dikenal mermanfaat bagi kesehatan pencernaan karena mengandung bakteri baik yang mebantu kerja usus dalam menyerap nutrisi dan menjaga imunitas tubuh. Yogurt juga dapat diaplikasikan langsung pada kulit untuk perawatan. Yogurt banyak mengandung kalsium, pritein, potassium, dan vitamin B.

12. Teh Hijau

Salah satu manfaat minum teh hijau adalah membuat awet muda. Teh hijau kaya akan flavonoid yang memiliki khasiat anti-inflamasi (anti-radang) dan khasiat antioksidan.

13. Cinnamon (Kayu Manis)

Ekstrak kayu manis berkhasiat membantu pembentukan kolagen pada kulit, meremajakan kulit dan mengaktivasi hormon pertumbuhan.

14. Bawang putih

Banyak manfaat makan bawang putih bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah mecegah tanda penuaan karena bawang putih memiliki khasiat anti-aging, anti-inflamasi, dan antioksidan.

15. Alpukat

Alpukat mengandung vitamin E, potassium, lemak tak jenuh tunggal, folat, dan antioksidan. Mengkonsumsi alpukat dapat menyehatkan kulit, menurunkan kolesterol, dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Inilah 15 Bahan Makanan Anti Aging yang dapat anda konsumsi untuk perawatan tubuh dan kulit secara alami. Karena tubuh dan kulit yang sehat itu berasal dari makanan yang sehat. 15 bahan makanan tersebut sudah secara umum dikonsumsi, dan dapat ditemukan di banyak tempat sehingga anda tidak perlu pusing mencari tempat mendapatkannya.

Merawat kesehatan dengan makanan dan minuman lebih baik daripada menggunakan produk-produk kosmetik atau obat-obatan kimia.

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 94 dari total 100, oleh 85 pembaca

Tag: anti aging, mencegah penuaan, bahan anti aging, kesehatan kulit, keriput, makanan anti aging, penuaan dini, makanan sehat .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?