Manfaat Singkong bagi Kesehatan Kulit

Singkong atau ubi kayu atau juga ketela pohon adalah tanaman umbi-umbian yang merupakan bahan makanan pokok khususnya untuk Indonesia bagian timur. Singkong juga mudah di dapat di kebun dan juga lahan persawahan.

Manfaat Singkong bagi Kesehatan Kulit - Makanan : Manfaat Singkong bagi Kesehatan Kulit

Harganya pun relatif murah, umbi singkong dan daunnya dapat diolah menjadi makanan ringan dan sayur-sayuran. Namun ternyata, dibalik manfaatnya sebagai pemasok karbohidrat, singkong juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah.

Dengan kegunaan hampir sama seperti bengkoang, Anda harus mencoba masker wajah dari singkong ini. Berikut cara membuatnya. Untuk menghaluskan dan mencerahkan wajah:

  1. Kupas singkong dengan cara membelah kulitnya secara vertical agar mudah dikelupas. Selanjutnya, cuci dengan air dan sikat permukaannya agar sisa tanah tidak menempel.
  2. Parut singkong dan bila perlu tambahkan air.
  3. Sebelum mengaplikasikan masker singkong ke wajah, bersihkan wajah dengan air hangat agar pori-pori terbuka dan khasiat masker singkong mudah meresap.
  4. Setelah wajah bersih, ratakan ke wajah Anda dan tunggu sampai kering
  5. Bilas wajah dengan air dingin agar pori-pori menutup kembali
  6. Keringkan dengan cara ditepuk-tepuk dengan jari-jari tangan
  7. Lakukan secara teratur setiap 2-3 kali dalam seminggu.

Selanjutnya, untuk menghilangkan bekas jerawat.

  1. Kupas dan parut singkong
  2. Setelah diparut, ambil sari-sarinya dengan cara diperas.
  3. Pastikan wajah dalam keadaan bersih. Lalu oles air perasan secara merata ke wajah
  4. Tunggu sampai kering dan bilas wajah. Keringkan
  5. Lakukan setiap hari sampai bekas jerawat menghilang.
  6. Selain sebagai penghilang bekas jerawat, air pati singkong yang telah diendapkan dapat digunakan sebagai obat luka dengan cara dioleskan ke bagian yang luka.

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mencampur masker Anda dengan madu atau minyak zaitun agar kulit menjadi lembab. Anda pun bisa mengkombinasikan masker buah-buahan lainnya seperti lemon atau jeruk nipis.

Selain sebagai masker, singkong yang dikonsumsi juga mengandung manfaat bagi tubuh. Kandungan karbohidrat yang tinggi mampu memberikan pasokan energy bagi tubuh. Singkong juga bisa menjadi makanan pokok pengganti nasi maupun roti. Selain itu, kalium yang terdapat di singkong dapat mencegah darah tinggi.

Kandungan gula yang rendah pada singkong dapat membantu penderita diabetes. Untuk anak-anak, singkong dapat meningkatkan nafsu makan sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak tidak terganggu.

Banyak manfaat singkong yang dapat kita peroleh. Selain harganya yang relative murah, singkong bisa diolah menjadi makanan ringan seperti kerupuk atau kue basah tradisional seperti gethuk

Tak hanya umbi singkong yang berkhasiat, daun singkong pun dapat mengobati berbagai penyakit seperti reumatik, sakit kepala, dan juga diare. Untuk reumatik dan sakit kepala, daun singkong ditumbuk dan ditempelkan ke area yang sakit.

Sedangkan untuk diare, air rebusan daun singkong diminum sampai feses padat kembali. Bila Anda ingin menanamnya di pekarangan rumah, cukup dengan metode stek. Potong batang singkong sepanjang 15-20 cm dan tancapkan di tanah. Singkong akan tumbuh dengan sendirinya.

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 94 dari total 100, oleh 87 pembaca

Tag: ubi kayu, manfaat singkng, singkong, manfaat ubi kayu, khasiat singkong, kesehatan kulit, ketela pohon, .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?