Manfaat Tomat untuk Kulit

Tomat yang biasa dihidangkan bersama masakan atau dimakan langsung ini mampu menjaga kesehatan kulit. Kandungannya yaitu lycopen yang merupakan antioksidan bekerja sebagai tabir surya dari dalam. Antioksidan memerangi kerusakan sel dan kemerahan pada kulit.

Manfaat Tomat untuk Kulit - Kecantikan : Manfaat Tomat untuk Kulit

Lycopen baik dikonsumsi minimal 16 miligram per hari karena mampu mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh dan membantuk mempertahankan kelembaban kulit bagi yang terbiasa berada di ruangan ber-AC. Mari simak Manfaat Timat untuk Kulit berikut:

1. Mengecilkan pori-pori

Kondisi pori-pori yang besar menjadi pintu akses masuknya kotoran dan debu yang mampu meningkatkan infeksi pori-pori. Ambil satu sendok makan jus tomat segar, tambahkan 2-4 tetes air jeruk nipis. Oleskan campuran pada wajah menggunakan kapas. PIjat dengan gerakan melingkar dan biarkan selama 15 menit, bilas dengan air dingin. GUnakan secara teratur.

2. Menghilangkan jerawat

Tomat mengandung asam, keasamannya mampu mengurangi dan membersihkan jerawat. Vitamin A, Vit C dan Vit K berkhasiat mengobati jerawat. Bila memiliki jerawat ringan, anda cukup tempelkan potongan tomat pada permukaan kkulit wajah. Untuk jerawat yang parah, haluskan/tumbuh tomat segar dan gunakan sebagai masker. Biarkan selama 1 jam, lalu bilas dan beri pelembab. Gunakan secara teratur agar jerawat sepat kering.

3. Astringent

Tomat mampu menjaga kulit wajah dari minyak berlebih dan mengkilap. Cukup dengan membuat jus tomat segar dan campur dengan jus mentimun kecil, gunakan dengan mengoleskannya setiap hari menggunakan kapas. Ini efektif untuk mengontol minyak berlebih dan jerawat.

4. Membersihkan dan menyehatkan

Kombinasi tomat dan alpukat yang digunakan sebagai masker, mampu bekerja optimal untuk kulit kombinasi. Hal ini karena tomat bekerja sebagai astringent dan agen pereduksi minyak komedo, sementara alpukat memili efek antisptik dan pelembab.

Masker alami tomat dan alpukat membantu menenangkan dan membersihkan kulit kombinasi (berminyak dan kering), karena mereka kaya akan vitamin A, C dan E. Gunakan pada kulit wajah dan bersihkan setelah 20-30 menit dengan air hangat.

Nah, itulah tadi Manfaat Tomat untuk kulit, perawatan kulit menggunakan bahan alami akan lebih aman daripada menggunakan produk-produk berkemasan karena meminimalkan efek samping penggunaaan dan dan resiko pemakaian. Kulit pun menjadi bersih, sehat, dan segar. Selamat mencoba.

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 94 dari total 100, oleh 85 pembaca

Tag: kulit wajah, manfaat tomat, kesehatan kulit, perawatan alami, masker tomat, tomat, tomat untuk kulit, .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?