Tips Memilih Sunblock (Tabir Surya)

Tabir surya penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya, namun masih banyak diantara kita yang belum paham bagaimana cara memilih tabir surya yang tepat.

Tips Memilih Sunblock (Tabi - Kecantikan : Tips Memilih Sunblock (Tabir Surya)

Mengapa tabir surya begitu penting?

Sinar matahari atau sinar ultra violet (UV) yang merusak kulit terdiri dari sinar UVA dan sinar UVB. Untuk melindungi kulit dari dampak negatif sinar UV ini maka diperlukan tabir surya.

Apa arti istilah ‘broad spectrum’ dalam tabir surya?

Tabir surya yang ‘broad spectrum’ artinya dia mampu melindungi kulit dari kedua jenis sinar UV yang berbahaya yakni sinar UVA dan UVB.

Sinar UVA masuk ke dalam kulit dan menganggu sistem immun dan menyebabkan terjadinya keriput dan bintik hitam penuaan. Sedangkan sinar UVB dapat membakar kulit sehingga menyebabkan terjadinya ‘sun burn’. Terlalu sering terpapar sinar UV juga berisiko menyebabkan terjadinya kanker kulit.

Apakah tabir surya yang baik memiliki nilai SPF tertinggi?

SPF merupakan singkatan dari ‘sun protection factor’, yang merupakan ukuran standar seberapa baik tabir surya itu memantulkan sinar UVB. Sampai saat ini belum ada ukuran standar untuk perlindungan terhadap sinar UVA.

Produsen tabir surya menghitung SPF berdasarkan rentang waktu perlindungan yang diberikan oleh tabir surya pada kulit sebelum sinar UVB menyebabkan ‘sun burn’. Secara teori, makin tinggi nilai SPF maka akan semakin baik.

Para ahli kulit menyarankan untuk menggunakan tabir surya dengan nilai SPF diatas 30. Namun, banyak juga yang tidak sependapat dengan teori ini dan lebih menyarankan untuk memastikan tabir surya tetap berada dikulit daripada memikirkan nilai SPF.

Apakah tabir surya jenis spray lebih baik dari yang lain?

Pilihan bentuk tabir surya disesuaikan dengan kebutuhan. Ada banyak sediaan tabir surya di pasaran seperti spray, lotion, krim, wax, bedak dan lain lain. Untuk kulit kering maka tabir surya berbentuk krim lebih baik khususnya pada daerah wajah. Untuk spray atau gel, cocok digunakan pada daerah yang ditutupi rambut seperti kulit kepala

Yang mana dari kandungan tabir surya yang terbaik?

Untuk dapat memberikan perlindungan maksimal, The American Academy of Dermatology (AAD) menyarankan menggunakan tabir surya yang mengandung:

Avobenzone
Cinoxate
Ecamsule
Menthyl anthranilate
Octyl methoxycinnamate
Octyl salicylate
Oxybenzone
Sulisobenzone

Bagaimana dengan tabir surya berbahan mineral?

Jika tidak cocok dengan kandungan tabir surya yang direkomendasikan AAD, maka bisa dicoba menggunakan tabir surya berbahan dasar mineral. Kandungan mineral tabir surya misalnya zinc oxide dan titanium oxide.

Bagaimana dengan merk tabir surya? Mana yang terbaik?

Cobalah beberapa merk tabir surya sampai menemukan yang cocok atau yang terbaik. Merk sebenarnya tidak terlalu berperanan, yang terpenting bagaimana penggunaan tabir surya yang baik. Secara umum, cari tabir surya yang ‘water-resistant’, ‘broad spectrum’, mengangung nilai SPF diatas 15. Periksa juga tanggal kedaluwarsa dan cara penggunaannya.

Apakah tabir surya selalu efektif?

Walau dikatakan terbaik, tabir surya tetaplah tidak sempurna. Banyak tabir surya yang tidak mampu melindungi kulit dengan baik dari dampak negatif sinar UVA. Tabir surya sendiri tidak akan mampu melindungi kuit dari kanker tanpa disertai upaya untuk mengurangi paparan sinar matahari.

Apa saja hal hal yang perlu diingat tentang tabir surya?

1. Gunakan tabir surya secara merata pada kulit yang kering 30 menit sebelum keluar rumah.

2. Gunakan tabir surya pada seluruh bagian kulit yang terpapar sinar matahari terutama wajah, telinga, tangan dan bibir. Jika tidak terlalu banyak rambut di kepala, gunakan juga tabir surya pada daerah itu atau pakai topi.

3. Lapisi kulit dengan tabir surya secara merata.

4. Olesi kembali kulit dengan tabir surya setiap 2 jam, bisa lebih sering jika kulit berkeringat secara berlebihan.

5. Olesi kembali tabir surya segera setelah berenang.

6. Sinar UVA dapat menembus kaca dan mendung, gunakan tabir surya walau langit mendung, saat di dalam mobil atau di ruangan yang dikelilingi kaca.

7. Tabir surya bisa dipakaikan pada anak diatas 6 tahun, untuk anak yang lebih muda, hindari paparan sinar matahari sedapat mungkin.

Kesimpulan dari pemilihan tabir surya?

Gunakanlah tabir surya setiap keluar rumah. Kombinasi pakaian yang baik, topi, payung dan tabir surya adalah yang terbaik untuk mendapatkan perlindungan maksimal dari dampak negatif sinar matahari.
Ikan Salmon, Kaya Akan Vitamin

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 94 dari total 100, oleh 87 pembaca

Tag: keriput, SPF, kulit kusam, tabir surya, sunblock, kulit, sun protection factor, siar UVB .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?