Tips Mengatasi Nyeri Haid

Beberapa wanita mengalami nyeri haid saat datang bulan, namun ada beberapa yang tidak merasakan nyeri. Rasa nyeri yang datang terus menerus setiap kali datang bulan memang terkadang diabaikan, namun tidak pula untuk terlalu dikhawatirkan.

Tips Mengatasi Nyeri Haid - Kesehatan : Tips Mengatasi Nyeri Haid

Bagi wanita, sebaiknya hal tersebut diberi eprhatian ekstra, karena neyri haid dapat disebabkan oleh berbagai alasan, baik faktor internal maupun eksternal. Ketika rasa nyeri tersebut datang, cobalah tips berikut ini untuk mengatasi nyeri haid yang sedang terjadi.

Tips Mengatasi Nyeri Haid perlu anda coba agar masa-masa menstruasi anda tetap terasa nyaman dan tidak membuat aktivitas anda terganggu.

1. Olahraga

Berolahraga yang dimaksud bukanlah olahraga yang berat, melainkan mencoba untuk berolahraga ringan saja seperti berjalan. Olahraga ringan seperti ini dapat membuat otot-otot di sekitar perut menjadi lebih rileks dan mengurangi rasa nyeri.

2. Tidur

Di saat tidur tubuh akan menningkatkan produksi endorfin yang merupakan penghilang rasa sakit alami dalam tubuh. Tidur merupakan jalan keluar untuk mengatasi rasa nyeri haid yang tidak karuan.

3. Berendam di air hangat

Saat menstruasi apabila merasa nyeri, cobalah untuk berentam di air hangat, ini dipercaya berkhasiat mengatasi rasa nyeri disaat haid.

4. Kompres air hangat

Mengompres perut dengan handuk hangat dapat merilekskan otot-otot yang tegang dan terasa nyeri.

5. Pijatan

Lakukan pijatan ringan dan lebut disekitar perut ke bawah. Rasa nyeri sekaligus keram perut perlahan akan segera teratasi dan menghilang.

6. Mengalihkan rasa sakit

Lakukan aktivitas menyenangkan dan santai yang mampu mengalihkan perhatian anda hanya terfokus pada aktivitas anda, misalnya nonton tv, film, membaca buku, bermain games dan kegiatan lain. Langkah ini mampu mengalihkan anda dari rasa sakit, sehingga rasa sakit pada bagian perut yang terjadi tidak terasa.

Berikut tadi tips mengatasi nyeri haid yang bisa anda coba saat nyeri haid datang menyerang. Jangan panik, coba lakukan satu persatu dari tips tersebut dan temukan cara yang efektif dari keenam tips tersebut. Semoga bermanfaat ^_^

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 94 dari total 100, oleh 86 pembaca

Tag: datang bulan, menstruasi, nyeri haid, mengatasi nyeri haid, sakit perut, sakit datang bulan, sehat datang bulan, tips mengatasi nyeri haid .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?