Tips mengatasi rambut kering

Rambut kering adalah kondisi di mana rambut kurang sehat karena kekurangan minyak. Tips mengatasi rambut kering sangat dibutuhkan untuk anda yang menghadapi masalah ini. Rambut merupakan mahkota berharga bagi kaum hawa. Akan menjadi masalah yang besar bila mahkota berharga ini mengalami kerusakan.

8 Tips mengatasi rambut ker - Kecantikan : Tips mengatasi rambut kering

Untuk mengatasi rambut kering, anda tidak perlu repot ke salon dan mengeluarkan banyak dana untuk treatment. Rambut yang sehat sebaiknya diatasi dengan cara yang sehat. Suatu masalah pasti ada unsur sebab akibat bukan? dan pasti ada solusinya. Sebelum membahas solusi, kita bahas dulu penyebab rambut kering itu sendiri.

1. Terkena sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama

2. Pengeringan rambut secara berlebihan yang biasanya dilakukan dengan menggosok-gosok dengan handuk atau dengan hairdryer.

3. Aktivitas menrapikan rambut yang tidak tepat, misal menyisir rambut saat keadaan basah menggunakan sisir bergigi terlalu rapat.

4. Pewarnaan rambut yang tidak sesuai ketentuan dan berulang-ulang.

5. Penggunaan zat kimia yang berasal dari salon dan make up yang berlebihan, misal hair spray.

6. Mengikat rambut terlalu kencang dan dalam waktu lama.

Nah, bagaimana? 5 poin tersebut pasti pernah anda lakukan bukan? namun anda tidak menyadari aktivitas tersebut sebenarnya dapat merusak rambut anda. Berikut kita simak cara mengatasi rambut yang kering.

1. Jangan mengikat rambut saat istirahat/tidur

Lepaskan ikatan rambut saat tiba waktu berisstirahat. Tidak hanya tubuh anda, rambut juga butuh beristirahat dari aktivitas seharian. Beberapa orang memiliki kebiasaan ini, padahal ini kurang baik untuk kesehatan rambut.

2. Hentikan sejenak Penataan Rambut

Aktivitass menata rambut menjadi kebutuhan penting untuk menjaga penampilan agar menarik. Namun, aktivitas penataan ini sangat berpengaruh terhadap kondisi rambut apalagi bila dilakukan terus menerus. Hentikan sejenak dari segala macam jenis penataan rambut, hindari dari peralatan-peralatan yang mampu menyebabkan rambut kering seperti blow dryer, sasak, pengeriting rambut, sejenisnya.

Rambut terdiri dari senyawa protein, sedangkan peralatan tersebut mengeluarkan panas yang cukup tinggi sehingga panas tersebut mampu merusak struktur rambut dari dalam dan juga luar.

3. Hindari Keramas Setiap Hari

Secara alami rambut memproduksi minyak yang kadarnya berbeda-beda untuk setiap orang. Kadar tersebut juga mempengaruhi kelembaban kulit kepala dan rambut. Pemilik rambut yang kering tentu memiliki kadar minyak yang sedikit, yang apabila melakukan keramas terlalu sering (setiap hari) justru membuat rambut semakin kering, kusam, kusut, dan mudah rontok. Jadi, untuk rambut kering, cukup keramas dua kali sehari untuk
mempertahankan kelembaban rambut.

4. Hindari membilas rambut dengan air panas

Perlu diketahui bahwa membilas rambut dengan air panas dapat merusak rambut. Bilaslah rambut dengan air dingin agar rambut kering anda kembali normal. Biasakan diri dengan kebiasaan ini, meskipun sebelumnya anda termasuk yang suka mandi uap atau air hangat.

5. Sisir rambut dengan baik dan benar

Menyisir rambut merupakan hal yang sering dilakukan terhadap rambut, hal yang terbilang sangat sederhana. Namun, cara menyisir juga mempengaruhi kesehatan rambut loh. Kesalahan yang mungkin sering dilakukan adalah menyisir rambut dalam keadaan basah menggunakan sisir yang rapat.

Perlu diketahui, rambut kering dalam keadaan basah menjadi sedikit rapuh, sehingga bila menyisirnya dalam keadaan ini dapat menyebabkan kerontokan dan patah. Yang harus dilakukan adalah membiarkan rambut kering secara alami terlebih dahulu sebelum menyisirnya.

6. Jangan menggaruk kepala secara berlebihan saat keramas

Aktivitas yang selalu dilakukan oleh setiap orang saat keramas adalah menggaruk-garuk kulit kepala. Tidak sedikit yang menggaruknya terlalu kencang/kuat dengan tujuan untuk memastikan kulit kepala benar-benar bersih. Namun, kebiasaan tersebut adalah salah.

Menggaruk kulit kepala secara berlebihan mampu merusak kulit kepala sehingga mengurangi pelembab alami rmabut yang dihasilkan kulit kepala.

7. Menggunakan kondisioner dengan tepat

Cara mengatasi rambut kering selanjutnya adalah memperhatikan penggunaan kondisioner. Gunakan kondisioner yang tepat untuk tipe rambut anda. Kondisioner berfungsi sebagai pelembab rambut yang biasanya digunakan setelah keramas untuk mengatasi rambut kering.

Namun, bila penggunaannya tidak tepat justru akan menjadi kurang baik bahkan memperparah kerusakan rambut. Dan pastikan sebelum menggunakan kondisioner, sampo sudah benar-benar dibilas bersih.

8. Gunakan masker rambut

Jika kondisi rambut kering anda sudah cukup parah, anda bisa mengatasinya dengan cara menggunakan masker rambut. Pastikan masker yang anda gunakan sesuai dengan rambut tipe rambut anda. Masker rambut yang anda butuhkan dapat anda peroleh di toko obat-obatan rambut atau dapat pula dibuat sendiri. Misalnya, masker zaitun, minyak essensial, madu, buah alpukat, lemon dan pisang.

Nah, tips mengatasi rambut kering tersebut bisa anda terapkan dalam keseharian agar rambut kering yang anda miliki tetap terawat dan tidak memperparah komdisi kerusakan. Cara demikian lebih baik daripada anda harus pergi ke salon dan melakukan hair treatment yang tentunya tidak murah. Semoga bermanfaat ^_^

 

Bermanfaat? Share ke teman-temanmu, Klik:
Rating: 94 dari total 100, oleh 84 pembaca

Tag: rambut rusak, kerusakan rambut, rambut kering, penyebab rambut kering, mengatawi rambut kering, kebiasaan merusak rambut, tips rambut kering, merawat rambut kering .


Jangan lupa gabung dengan BincangWanita di Facebook:

Apa komentarmu terkait artikel ini?